>>Coba Klik Bisa Ga

Senin, 04 Januari 2016

UAS PTI STMIK Sumedang 2015

Nama                   : Chandra
NPM                    : A2.1500025
Kelas                    : TI-1CK 
Pelajaran              : Pengantar Teknologi Informasi
Jurusan                 : Teknik Informatika
Dosen Pengampu : Deris Santika, S.Kom

1. Mengapa Sistem Informasi dan Teknologi Informasi diperlukan oleh suatu organisasi/perusahaan/instansi?

Jawab :
A. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perusahaan
Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi banyak digunakan para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi menyebabkan perubahan bada kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan.
B. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Bisnis Dalam dunia bisnis Teknologi Informasi dan Komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet.
C. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perbankan
Dalam dunia perbankan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening.
D. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan
Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seirng perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari Makalah Teknologi Informasi dan Komunikasi sering dijumpai kombinasi teknologi audio/data, video/data, audio/video, dan internet. Internet merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.
E. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kesehatan
Sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien. Digunakannya robot untuk membantu proses operasi pembedahan serta penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien

Sistem informasi secara umum memiliki beberapa peranan dalam perusahaan, diantaranya sebagai berikut.

1.      Minimize Risk
Setiap bisnis memiliki resiko, terutama berkaitan dengan faktor-faktor keuangan. Pada umumnya resiko berasal dari ketidakpastian dalam berbagai hal dan aspek-aspek eksternal lain yang berada diuar kontrol perusahaan. Saat ini berbagai jenis aplikasi telah tersedia untuk mengurangi resiko-resiko yang kerap diahadapi oleh bisnis, seperti forecasting, financial advisory, planning expert, dan lain-lain. Selain itu, kehadiran teknologi informasi merupakan sarana bagi manajemen dalam mengelola resiko yang dihadapi.
2.      Reduce Cost
Peran teknologi informasi sebagai katalisator dalam berbagai usaha pengurangan biaya operasional perusahaan akan berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan. Terdapat empat cara untuk mengurangi biaya operasional melalui penerapan sistem informasi, yakni eliminasi proses yang dirasa tidak perlu, simplifikasi proses, integrasi proses sehingga lebih cepat dan praktis, serta otomatisasi proses.
3.      Added Value
Teknologi informasi dapat menciptakan value bagi pelanggan perusahaan. Penciptaan value ini tidak sekedar untuk memuaskan pelanggan, tetapi juga untuk menciptakan loyalitas pelanggan dalam jangka panjang.
4.      Create New Realities
Pesatnya teknologi internet menghasilkan suatu arena bersaing baru bagi perusahaan di dunia maya. Hal ini ditunjukkan dengan maraknya penggunaan e-commerce, e-loyalty, e-customer, dan lain-lain dalam menanggapi mekanisme bisnis di era globalisasi informasi.
Dengan semakin berkembangnya peranan teknologi informasi dalam dunia bisnis, maka menuntut manajemen untuk menghasilkan sistem informasi yang layak dan mendukung kegiatan bisnis. Untuk itu, dituntut sebuah perubahan dalam bidang manajemen sistem informasi. Perubahan yang terjadi adalah dengan diterapkannya perencanaan strategis sistem informasi. Seiring dengan perkembangan dunia bisnis, peningkatan perencanaan strategis sistem informasi menjadi tantangan serius bagi pihak manajemen sistem informasi.
Perencanaan strategis sistem informasi diperlukan agar sebuah organisasi dapat mengenali target terbaik untuk melakukan pembelian dan penerapan sistem informasi manajemen, serta memaksimalkan hasil investasi dari teknologi informasi. Sebuah sistem informasi yang baik akan membantu sebuah organisasi dalam pengambilan keputusan untuk merealisasikan rencana bisnisnya. Dengan demikian, penerapan teknologi informasi untuk menentukan strategi perusahaan adalah salah satu cara yang paling efektif dalam untuk meningkatkan performa bisnis. Strategi sistem informasi dipengaruhi oleh strategi-strategi lain yang diterapkan perusahaan dan selalu memiliki konsekuensi. Empat komponen infrastruktur sistem informasi menjadi kunci strategi sistem informasi.
What
Who
Where
Hardware List of physical components of the systems Individuals who use it Individuals who manage it Physical location
Software List of programs, applications and utilities I Individuals who use it Individuals who manage it What hardware it resides upon and where taht hardware is located
Networking Diagram of how hardware and software components are connected Individuals who use it/ Individuals who manage it
Company service obtained from
Where the nodes are located, where the wires and other transport media are located
Data Bits of information stored in the system Individuals who use itIndividuals who manage it Where the information reside

2. Berikan 1 contoh studi kasus (sebutkan objek tempatnya) yang menunjukan bahwa SI dan TI diperlukan ! Jelaskan keunggulan dan kelemahan dengan adanya SI dan TI pada organisai/perusahaan/instansi tersebut !

Jawab :
Nama : pengembangan sistem informasi perusahaan di Mc Donald’s.
pokok bahasan : sistem informasi perusahaan
studi kasus : monitoring performa penjualan Mc Donald’s.


Mc Donald’s berencana membelanjakan $1 miliar dalam lima tahun untuk mengikat semua operasinya dalam jaringan digital real-time (sistem informasi perusahaan).
pada dasarnya,para eksekutif di kantor pusat perusahaan telah mampu melihat setiap detail performa di setiap toko, pada setiap waktu, melalui sistem informasi perusahaan pasif ini.
setelah dua tahun,Mc Donald’s menunda program mahal tersebut.
pada awal mai 2003,Mc Donald’s mengumumkan bahwa ia akan menghapus kerugian $170 juta untuk diskontinuiasi pada bulan desember 2002 dari jaringan innovate digital yang global dan real-time,yang mewakili proyek teknologi informasi paling luas dan mahal merancang dalam sejarah perusahaan,seratus tujuh puluh juta dollar hanyalah sebagian dari total $1 miliar yang direncanakan Mc Donald’s,untuk biaya innovate yang mulai pada bulan januari 2001.
innovate didesain untuk membuat manajemen Mc Donald’s mengetahui berapa miliar pastel burger,roti,kismisdan nugget ayam dikonsumsi disembarang atau disemua toko pada setiap waktu dalam satu hari.
setiap detail dari setiap waktu dalamsatu hari.setiap detail dari property(diharapkan) tersedia dalam real-time.proyek miliaran dollar ini gagal,bahkan sebelum mengalami kemajuan oleh karena kesulitan menjelmakan bahkan suatu bisnis sederhana ke dalam perusahaan real-time.
cepatnya pertumbuhan membuat Mc Donald’s ingin menciptakan alat untuk mengendalikan kualitas kunci yang membentuk sukses suatu rantai makanan cepat saji: konsistensi.
Mc Donald’s membuka lebih dari 1700 rumah makan baru dala satu tahun pada 10 tahun belakangan ini,membuat sistem pengumpulan datanya menjadi ketinggalan zaman. jaringan berbasis-web yang mengirim informasi dengan segera diseluruh bumi diperlukan sedemikian sehingga para eksekutifbisa memonitor dan mingkin mempengaruhi pada basis menit demi menit kemampuan perusahaan untuk membuat produk konsisten kepada pelanggan secara cepat.jika dihubungkan ke setiap bagian kunci dari peralatan distiap toko ,jaringan digital real-time akan mengizinkan Mc Donald’s memberikan layanan pelanggan yang lebih baik untuk kualitas minyak yang dguakan untuk menggoreng atau untuk memastikan bahwa masing-masing roti kismis dibakar pada tingkat kegaringan yang sesuai
itu akan memberi para eksekutif Mc Donald’s memberikan pandangan teperinci menyangkut keseluruhan sistem-real time.
penjualan,waktu layanan,susunan kepegawaian,data rantai persediaan,lokasi vendor,peralatan perbaikan pesanan,dan semua angka kenyataan lain yang dilacak Mc Donald’s dengan sistem yang di kembangkan secara internal,yang umumnya membuat data tersedia untuk pengambil keputusan dalam satu minggu atau lebih,bisa dicapai dalam detik melalui browser web.
secara teori, dengan bekerja erat dengan para pemasok dan manajer toko,perusa bisa menyelidiki apakah iklan in store sudah pada temhaan bispatnya
a meningkatkan konsistensi produk.
inovasi juga dianggap mengefektifkan pengadaan pelatihan karyawan dan data asuransi.
dengan menggunakan internet untuk menympaika informasi pelatihan,seperti bagaimana membersihkan ayam muda untuk digoreng atau menggunakan sistem POS(point of sale) ,Mc Donald’s berharap mendongkrak sistem pelatihannya menembus platform tersebut.
dngan segera mengumpulkan dan mengirim data ke toko-toko dari kantor perusahaan, para eksekutif bisa memonitor parforma dan memperbaiki langsung.’sebagai contoh,jika toko tertentu tidak mengarahkan orang-orang melalui jalur atau jalan masuk sesuai standar,para eksekutif bisa meminta manajer local untuk menambah karyawan lain atau untuk meningkatkan waktu layanan.
jika produk tertentu tidak bergerak naik, para eksekutif bisa menyelidiki apakah iklan in store sudah pada tempatnya.
rantai persediaan juga akan dimonitor. stiap item dari gudang k toko bisa dilacak dalam hitungan detik. Mc Donald’s bisa merespons permintaan pelanggan dngan cepat dan menarik keuntungan keuangan subtansial dari efisiensi tersebut.
pada sisi lai, memonitor dari jarak jauh dan pada akhirnya adalah mengelola dari jarak jauh membuat sistem tidak menjadi tanggung jawab para manajer toko.
akhirnya jaringan berbasis-internet akan menghubungkan 3000 lebih restoran dan 300 veendor dalam 24 jam penuh,tujuh hari perminggu, ke sistem back-office dikantor perusahaan di Oak Broo. hal ini akan memberi para elsekutif Mc Donald’s suatu gambaran lengkap seketika mengenai operasi perusahaan di seluruh dunia dan dalam teori,kemampuan untuk bertindak dengan cepat ketika diperlukan untuk menyesuaikan penyebaran persediaan dan promosi untuk memenuhi permintaan.
sekitar $170 juta dibelanjakan untuk “riset dan pengembangan” innovate untuk mengefektifkan rantai persediaan dan meningkatan operasi hariannya.
perusahaan perlu mencapai peningkatan penjualan sedikitnya 1.5 persen atau sekitar $231 juta pertahun,untuk mengganti pengeluaran awal tersebut. angka 1.5 persen adalah diluar tiga sampai lima persen penjualan tahunan yang teah di proyeksikan Mc Donald’s.
usaha pertama Mc Donald’s pada sisem data perusahaan skala-besar dan real-time,telah gagal.
Mc Donald’s tidk punya pengalaman dibidang tersebut,membelanjakan terlalu banyak uang dan punya sedikit reputasi untuk menunjukan hal itu.
Mc Donald’s tidak dikenal karena teknologi atau penghargaan level-eksekutif dan pemahaman teknologi.
petus Abell, analis di AMR Research mengatakan bahwa “jaringan global real-time akan menelan dana besar,bahkan bagi organisai teknologi informasi yang paling ambisius sekalipun.
megkonfigurasi dan mengintegrasikan perangkat lunak yang diperlukan untuk kominukasi Oak Broak dengan 30.000 lebih lokasi yang beberapa diantaranya berada didunia ketiga dimana konektivitas broadband masih sekedar mempimmerupakan hal fantastis ketimbang kenyataan”.
Abell melanjutkan tantangan riil adalah menentukan apakah ada manfaat  yang cukup memadai yang membuat proyek itu layak dilakukan.
masalah terbesar yang dihadapi perusahaan seperti Mc Donald’s adalah membuat bandwith kecepatan tinggi d setiap lokasi” kaya Abell. “beberapa bagian AS masih tidak mempunyai konektivitas kecepatan tinggi yang dapat dianddalkan.
dan mereka internasional.jadi masalah ini bisa sangat problematic”.
meskipun perusahaan sedikit perusahaan sedikit menunjukan semangat atau keahlian dalam implementasi sistem informasi skala-besar ketika innovate diinisiasi,para eksekutif menganggap mereka dapat melakuan sesuatu seperti yang dilakukan Wal-mart terhadap infrastuktur teknologi inti mereka. apa yang mereka dapatkan adalah keahlian mereka dalam pengembangan dan produksi -masssal makanan siap saji kecil relevansinya dengan integrasi dan implementasi perangkat lunak.

3. Jelaskan apa yang kalian pahami tentang sebuah konsep dasar komputer ! Berikan 1 contoh penerapannya !

Jawab :
 konsep dasar komputer yaitu INPUT – PROSES – OUTPUT. Komputer apapun jenisnya, selalu memiliki suatu peralatan yang disebut sebagai Input Device, Central Processing Unit, Output Device dan External Memory
Input Device
Input device bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam komputer. Jenis input device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak diantaranya :
  1. Keyboard
  2. Mouse
  3. Touchscreen
  4. Scanner OCR (mislanya untuk membaca jawaban UMPTN)
  5. Scanner Barcode (membaca kode bar misalnya di kasir supermarket)
  6. Sensor (misal pada robot)
  7. Camera  
  8. Microphone

Central Processing Unit (CPU)
Bagian ini berfungsi sebagai pemegang kendali dari jalannya kegiatan computer dan dikarenakan itu, CPU juga disebut sebagai otak dari komputer. Selain itu, CPU juga berfungsi sebagai tempat untuk melakukan pelbagai pengolahan data. Pekerjaan pengolahan data diantaranya : mencatat, melihat, membaca, menghitung, mengingat, mengurutkan maupun membandingkan. Dalam bekerja, fungsi dari CPU terbagi menjadi : Internal Memory/Main Memory, berfungsi untuk menyimpan data dan program.
Jenis main memory adalah :
1.     RAM (Random Access Memory)
-          RAM adalah memory yang dapat dimasuki (diakses) ataupun ditulisi, memori ini sifatnya sementara dan akan hilang
2.     ROM (Read Only Memory)
-          ROM adalah memori yang hanya dapat dibaca komputer tapi tidak bisa diisi.
3.     Chache Memory
 -  Adalah memori berkecepatan tinggi tapi mahal harganya. Dalam computer difungsikan untuk menyimpan data yang sering diakses berulang-ulang sehingga dapat untuk mempercepat proses.
-    ALU (Arithmatic Logical Unit), untuk melaksanakan pelbagai macam perhitungan.
-  Control Unit, bertugas untuk mengatur seluruh operasi komputer. CPU juga disebut sebagai microprocessor. Dimana untuk bekerja microprocessor dipengaruhi oleh kapasitas pemrosesan Bit-nya dan juga frekuensi kerjanya. 
Output Device
Output device bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Jenis output device yang dimiliki oleh computer dapat digolongkan 4 bentuk :
  1. Tulisan (huruf, angka, karakter khusus, simbol lain)
  2. Image (grafik, gambar)
  3. Suara 
  4. Bentuk yang dapat dibaca oleh mesin
Sedangkan alat output komputer diantaranya :
  1. Monitor/ Screen/ Display
  2. Printer (dot matrix, inkjet, laser dll)
  3. Plotter
  4. Speaker
  5. Disk drive
External Memory
External memory bisa diartikan sebagai memory yang berada diluar CPU. Juga disebut sebagai Secondary Storage ataupun Backing Storage ataupun Memory Cadangan yang berfungsi untuk menyimpan data dan program. Agar dapat berfungsi, data dan program yang tersimpan didalam external memory harus dipindahkan terlebih dahulu kedalam internal memory. Jenis external memory diantaranya :
  1. Hard Disk
  2. Floopy Disk
  3. Magnetik tape (pita magnetik)
  4. Optic Disk (CD-ROM)memorinya kalau listrik dimatikan
 
4. Di teknologi di masa yang akan datang, apabila kalian menjadi seorang ahli IT, alat 
teknologi apa yang akan kalian rancang dalam bidang pertanian? Jelaskan secara detail cara
kerja alat teknologi tersebut?
 
Jawab:
Orang-Orangan sawah Modern.

Orang-orangan sawah ini bukan terbuat dari jerami yang ada di pesawahan umumnya tetapi saya akan buat seperti Robot yang menyerupai orang-orangan sawah. Kegunaan orang-orang sawah untuk melindungi padi dari burung atau lainnya.

Robot yang akan saya buat ini selain melindungi padi atau tanaman lainnya juga berguna untuk memanen padi yang sudah siap panen.

Cara kerjanya :
Pertama kita harus membuat sebuah sistem atau perintah yang akan di masukan kedalam otaknya mengguanakan smartphone atau juga bisa menggunakan laptop. untuk meningkatkan efesien saya akan menggukan tenaga surya untuk mengcharger atau mengisi daya robot tersebut.. bukan hanya dengan tenaga surya saja  saya juga akan  menggunakan tenaga baterai untuk cadangan bila tenaga surya habis untuk robot tersebut. Robot ini juga di lengkapi dengan tangan seperti sabit dan kaki nya yang bisa berubah menjadi roda teraktor yang berguna untuk membajak sawah .


5. Mengapa Hardware dan Software bisa bekerja sama dalam sebuah komputer?
sementara dilihat dari ciri fisik nya software dan hardware bertolak belakang.

Jawab :
Karena sebuah komputer mempunyai konsep dasar INPUT - PROSES - OUTPUT.
dalam sistem komputer memiliki keterkaitan satu dengan yang lainnya. Jika hardware tanpa software, maka suatu operasi komputer tidak bisa dijalankan. Begitu juga sebalikanya

6. Mengapa database dibutuhkan pada suatu aplikasi?

Jawab : 
Manfaat Database Dalam Pemrograman Aplikasi Komputer yaitu :
 
  • Sebagai komponen utama dalam sistem informasi, karena merupakan dasar dalam menyediakan informasi. Menentukan kualitas informasi yaitu cepat, akurat, dan relevan, sehingga infromasi yang disajikan tidak basi.
  • Mengatasi kerangkapan data (redundancy data)
  • Menghindari terjadinya inkonsistensi data
  • Mengatasi kesulitan dalam mengakses data
  • Menyusun format yang standar dari sebuah data.
  • Penggunaan oleh banyak pemakai (multiple user). 
  • Bisa dimanfaatkan sekaligus secara bersama oleh banyak pengguna (multiuser).
  • Melakukan perlindungan dan pengamanan data. Setiap data hanya bisa diakses atau dimanipulasi oleh pihak yang diberi otoritas dengan memberikan login dan password terhadap masing-masing data.
  • Agar pemakai mampu menyusun suatu pandangan (view) abstraksi dari data. Hal ini bertujuan menyederhanakan interaksi antara pengguna dengan sistemnya dan database dapat mempresentasikan pandangan yang berbeda kepada para pengguna, programmer dan administratornya.
7. Dalam Merakit sebuah Komputer, jelaskan 3 kondisi seperti apa saja ketika harus memasang hardware tambahan pada slot peripherel?

Jawab :
1. Saat Pemasangan Harus benar-benarpada slot mana kita akan memasangnya.
2. Saat memasukan pada slot nya harus benar dan harus menyampai dasar slot.
3. Jika sudah terpasang alangkah baiknya memasang sekrup pada hardware tambahan tersebut contoh pada Lan Card .. biar tidak bergoyang atau bergeser dengan slot nya.

Ditulis Oleh : ghint // 11.37
Kategori:

1 komentar:

  1. Uas Pti Stmik Sumedang 2015 >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Uas Pti Stmik Sumedang 2015 >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Uas Pti Stmik Sumedang 2015 >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK Zy

    BalasHapus

 

Blogger news

Blogroll

Diberdayakan oleh Blogger.