>>Coba Klik Bisa Ga

Senin, 04 Januari 2016

Mouse Macro



Meski ukurannya sekitar sekepalan tangan, keberadaan mouse tetap tidak bisa dipandang remeh. Dengan mouse, menggerakkan kursor jadi lebih mudah, cepat dan akurat ke arah manapun yang Anda inginkan.

Menariknya, mouse kini hadir dalam dua kategori yang berbeda, yaitu mouse biasa (standar) dan gaming mouse. Idealnya, untuk bekerja, browsing dan mengerjakan tugas-tugas lainnya, Anda cukup menggunakan mouse standar. Namun, untuk bermain, sebaiknya Anda menggunakan mouse yang dirancang khusus atau biasa disebut gaming mouse.

Jika ditelisik lebih dalam, keduanya ternyata memiliki perbedaan yang signifikan. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini,

Resolusi DPI

Mouse standar memiliki resolusi DPI (Dots Per Inch) sekitar 500-800, sedangkan gaming mouse bisa mencapai 2000 dpi ke atas. Semakin tinggi ukuran DPI, maka akan terasa lebih cepat dan akurat saat menggerakkan kursor ke berbagai sudut. Khusus gaming mouse, ukuran DPI-nya memang harus lebih tinggi karena kecepatan dan akurasi sangat berguna untuk mengoptimalkan hasil permainan.

Desain dan teknologi

Jika dilihat dari sisi konektivitas maupun fitur pendukung lain, kedua mouse tersebut tidak memiliki perbedaan yang berarti. Namun, umumnya mouse standar memakai sambungan kabel USB dengan desain yang standar pula. Berbeda dengan gaming mouse yang lebih mengutamakan desain menarik dan sebagian besar menggunakan koneksi Bluetooth.

Yang paling membedakan, pada gaming mouse terdapat beberapa tombol macro yang dapat diprogram sesuai kebutuhan, terutama saat bermain. Misalnya yang terdapat pada gaming mouse merk Prolink PMG9801L, Prolink EGA, Genius X-G510, Genius X-G500 dan masih banyak lagi lainnya.

Sisi fungsionalitas

Dalam gaming mouse, fitur macro dan keystroke merupakan hal penting, karena berfungsi memudahkan mode permainan yang akan dimainkan. Misalnya, ketika Anda bermain game fighter maka beberapa jurusnya bisa Anda simpan lewat fitur macro. Sedangkan keystroke adalah langkah setiap menginput suatu karakter dalam sebuah permainan. Misalnya, saat kita menekan tombol X sekali, maka keystroke-nya akan memunculkan beberapa menu X yang bervariasi. Hal ini tidak terdapat pada mouse biasa yang notabene berfungsi hanya sebagai media pendukung efektivitas pekerjaan.

Fitur dan efek tambahan

Gaming mouse umumnya memiliki fitur dan efek tambahan, seperti sensitivitas yang dapat meningkatkan kinerja mouse saat dioperasikan, agar game tidak menjadi lambat atau grafis terlihat buruk. Selanjutnya, laser LED yang membantu mendeteksi sensor mouse saat melakukan akselerasi. Dan terakhir, memory on board yang berfungsi sebagai media penyimpanan beragam karakter atau jurus dalam setiap permainan, sehingga untuk mendapatkannya, Anda cukup meng-klik sekali dan semuanya langsung berjalan.   

Banyaknya tombol





Faktanya, mouse biasa memang dirancang sesimpel mungkin untuk memudahkan pengoperasian. Mulai dari 1 tombol scroll dan 2 tombol klik kiri dan kanan. Harganya pun bervariasi, mulai 50 ribu – ratusan ribu rupiah, tergantung merk atau kelebihan yang dimiliki. Sedangkan gaming mouse, selain dirancang lebih stylish dan modern, terdapat juga tombol kontrol tambahan yang umumnya mudah diprogram sesuai kebutuhan. Harganya berkisar antara 200 ribu – jutaan rupiah, kembali lagi tergantung pada merk dan kelebihan yang dimiliki.

Selain itu, ada juga tombol khusus di atas scroll yang bisa digunakan untuk mengatur dpi. Tombol triple click dan back-next juga ada pada kebanyakan gaming mouse. Sensitivitasnya juga lebih baik ketimbang mouse biasa. Mouse khusus dilengkapi dengan sensor optik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan game. Fitur ini menjadi lebih menarik dengan adanya laser untuk mendeteksi gerakan tangan.

Yang perlu Anda ketahui, penggunaan gaming mouse juga membutuhkan komputer atau laptop berkapasitas RAM besar (2GB) dan spesifikasi hardware yang sesuai dengan game. Hal ini akan memaksimalkan proses permainan, sekaligus tidak mengakibatkan “lag” atau gangguan lainnya. Berbeda dengan mouse biasa, yang hanya memerlukan spesifikasi standar pada sebuah komputer atau laptop.



Berikut ini Harga Mouse Macro tahun 2015 


1. A4Tech Mouse Gaming X7 747 Spider  
Mouse Gaming dengan sensor laser sehingga membuat kursor bergerak lebih cepat dan akurat.  Terdapat dpi switch untuk menentukan sensitifitas resolusi mouse: 400/800/1200/1600/2000/3600 dpi dan warna LED yang menentukan indikator sensitifitas resolusi mouse.
Fitur:
  • Memiliki kemampuan kecepatan respon 8x lipat lebih cepat dibanding mouse lainnya, waktu report hingga 1ms dengan Full-Speed USB (maksimal 1000MHz repot/detik).  
  • Memiliki memory internal 64K untuk menyimpan settingan makro pada mouse. 
  • Memiliki pemberat yang dapat diatur sesuai gaya bermain anda.  Kecepatan respon tombol hingga 3ms. 
  • Memiliki fitur anti getar yang membuat kursor tidak bergerak apabila mouse diangkat / pindah posisi saat digunakan. Terdapat 2 tombol tambahan di sebelah kiri mouse (pada penggunaan normal berfungsi sebagai back dan next) dan tombol tambahan di sebelah scroll untuk disetting makro.
Harga A4Tech Mouse Gaming X7 747 Spider dibanderol sekitar Rp226.000,00.
2. A4tech Mouse Gaming V-Track Wireless X7 R4
A4tech X7 v-track gaming mouse kali ini seri R4 yang menggunakan teknologi wireless (tanpa kabel). Sebelumnya A4tech sudah pernah mengeluarkan mouse wireless dengan seri Super-Combo 7 XG-760 dan untuk yang Wired itu merupakan seri Anti Vibrate X-760H. Mereka bertiga memiliki bentuk mouse yang sama persis.
Jika dibandingkan dengan mouse a4tech sebelumnya yaitu V-track F4, mouse ini terlihat lebih rapih dan bagian tombol klik kiri dan kanannya landai kebawah yang membuat grip menjadi lebih enak, lalu dengan menghilangkan kabel tentunya dengan penggunaan wireless membuat mouse lebih bebas bergerak, apalagi dengan teknologi yang ditawarkan v-track yang dapat digunakan diberbagai macam alas/surface membuatnya lebih lincah bergerak.
Berikut Spesifikasi Teknis Mouse A4Tech X7 V-Tech R4 :
  •     Acceleration: 30 G/sec
  •     IPS speed: 75 inch/sec
  •     Report rate: 125_250_500Hz (2 ms)
  •     Key switch response time: 3 ms (Regular mouse: 16ms)
  •     Sensitivity: 100~3000 CPI (5 free-adjustable levels)
  •     Default sensitivity:400 – 800 – 1200 – 1600 – 3000 CPI
Harga A4tech Mouse Gaming V-Track Wireless X7 R4 dibanderol sekitar Rp285.000,00
3. A4Tech Mouse Macro Gaming XL 747H 
Mouse macro A4Tech X7 XL 747H merupakan mouse gaming macro dari A4Tech. Karena corak mouse ini seperti gambar spiderman jadi sering kali dibilang mouse spiderman. Mouse macro ini sangat cocok digunakan untuk para gaming.  Kelebihan dari mouse gaming ini adalah karena memiliki “Anti Vibrate Technology “ dimana pointer atau kursor mouse akan tetap pada posisinya jika tidak digunakan.
Inovasi dari V-Track yang menjadikannya bisa bergerak lebih halus walaupun pada permukaan kain.  Terintegrasi dengan Manual DPI Switcher yaitu 6 pilihan resolusi DPI yang berupa tombol yang terletak di atas mouse ini. Harga A4Tech Mouse Macro Gaming XL 747H dibanderol sekitar Rp240.000,00.
Itulah 3 mouse macro terbaru dengan harga yang standar. Semua mouse di atas dapat Anda temukan di toko online Lazada.com.

Terus Bagaimana Cara Settingnya? 


 Berikut cara setingan Mouse Macro A4 Tech XL-747H :

>> Step 1

Masukan CD instalasi kemudian Install aplikasi bawaan beserta drivernya.

Apabila CD bawaan hilang, anda bisa mendownload Aplikasinya Disini, atau apabila mau ke situs resminya silahkan Klik Disini. Pilih sesuai dengan Type dari mouse anda.


>> Step 2

Buka Aplikasi A4 Tech X7 nya kemudian ikuti perintah dibawah ini (ikuti nomor)




>> Step 3

kemudian pilih macro file yang bisa anda download disini. dan masukan sesuai dengan petunjuk di bawah. (ikuti nomor)



kemudian




>> Step 4

Save perubahan kemudian tutup macro manager nya. (ikuti nomor pada gambar dibawah)




>> Step 5

Jika anda menghendaki, lakukan seting seperti diatas, namun gantilah file macro sesuai yang anda kehendaki untuk tombol no 5 dan 6.

Setelah selesai semua, klik gambar Mouse di bawah (Download to Mouse) seperti gambar di bawah ini (ikuti perintah nomor)




Sekarang cobalah Mouse anda di gamenya (Point Blank) apabila macro nya kadang jalan kadang tidak, itu disebabkan oleh beberapa faktor, uang pertama adalah faktor spesifikasi komputer anda yang kurang memadai untuk menjalankan game tersebut, dan faktor yang kedua adalah karena jaringan anda yang kurang bagus (kurang stabil) sehingga mengakibatkan lag pada game.

Demikian tutorial ini, sangat mudah bukan :)

Semoga bermanfaat
Terima kasih.

Sumber:
- http://www.wellcommshop.com/agar-tidak-keliru-ini-perbedaan-mouse-biasa-dan-gaming-mouse-
- http://www.androfern.com/2015/06/mouse-macro-terbaru-harga-murah-tahun-2015.html
- http://teknisi-com.blogspot.co.id/2012/09/setting-mouse-macro-a4-tech-x7-xl-747h.html#

Ditulis Oleh : ghint // 10.00
Kategori:

1 komentar:

 

Blogger news

Blogroll

Diberdayakan oleh Blogger.